Pemerintah Distrik Nimboran Menyerahan 20 % Dana DDS Tahap I

kami hadir untuk membangun masyarakat dari bidan pemberdayaan kampug untuk menuju kampung sejahtra dan masyarakat maju

Gemebs“ pemerintah distrik nimboran menyerakan  penyeraan 20% dana desa Kepada pemerintah kampung gemebs diterimah langsung oleh kepala kampung gemebs.

Dalam penyerhan dana 20% tersebut di saksikan oleh pemerintah distrik nimboran koramil nimboran kepolisian nimboran dan juga pendamping lokal desa serta aparat kampung babuskan laur-kaur, toko adat, pemuda, gereja, perempuan, serta masyarakat

program-program yang suda di programkan dapat dikerjakan dengan cepat menghinga dana  desa tahap II bisa di cairkan juga kegiatan penyeraan dana desa perlu di adakan pertemuan sehingga masyarakat dapat melihat program dan besar biaya yang di susun oleh  pemerintah kampung mulai dari usalan program masyarakat dalam musrembang sampai pembuatan RKPK, ABPK dan pencairan.

Guna dari pertemuan penyerahan 20% Dana Desa itu agar supaya mengetaui bahwa pemerintah kampung telah melakukan penarikan Dana desa taha I sebesar Rp. 198,701,000 yang terbagi dalam bidang penyelengaraan pemerintah kampung dengan jenis kegiatan pembangunan kantor kampung Rp. 121,201,000 dan pembuatan box kafer unit Rp. 20,000,000.

Bidang pemberdayaan masyarakat jenis kegiatan pembangkaran kebun kacang hijau sebesar Rp.22,500,000 serta pembukaan 5 hektar kebun kakao Rp. 15,000,000 serta usaha pengembangan industri kecel masyarakat Rp. 20,000,000

Saptu 22 juni 2019 bertempat di balai Adat genyem yeku kampung gemebs distrik nimbran kabupaten jayapura provinsi papua.

Kegiatan penyerahan 20% dana desa taha I tahun 2019, ini di saksikam oleh masyarakat kampung serta warga masyarakat kampung gemebs serta aparat keamana dalam hal ini TNI POLRI yang berada dari Dari distrik nimoran dalam hal ini.

Edison Yapsenang S.Sos kepala distrik nimboran menyanpaikan bahwa masyarakat kampung gemebs harus bisa berinovatif membangun ekonomi di kampung sehingga proses penyerapan dana yang turun ke kampung gemebs itu bisa dapat di pergunakan dengan baik.

Terutama dalam proses peningkatan pertanian desa dalam hal ni kebun-kebun masyarakat yang bisa bernilai ekonomis sehingga angaran dana kampung bisa di dorong dalam usaha ekonomi masyarakat tersebut.

Program peberintah kabupaten jayapura tentan bididaya kakao di wilaya III kusus nya di distrik nimboran sehingga kedepan kampung dapat mendata profil potensi pertanian itu ada kemudian dapat di  masukan dalam Pengasilan asli kampung.

Laurens warisyu kepala kampung merespon sehingga dalam program APBK kampung gemebs itu suda di programkan dangan bersar biaya tersebut Rp.15.000,000 dan dalam program bididaya kakao pertama itu lahan yang di gunakan seluas 5 hektar .

Untuk proses pengembangan dalam budidaya kakou itu biaya nya dari pembukan lahan baru sampai pengadahan alat-alat seperti Skop, Spayer itu akan di sihapkan oleh tim pengelolah

Kemudian pembuatan lobangtanam sampai pada proses penanaman serta perawatan jadi semua itu akan di kontrol sampai pada paska panen sehingga masyarakat mempunyai usaha ekonomi pertanian.

Kemudian pembuatan Box Kafer itu dua bua Rp. 20.000.000 dari jmlah total biaya yang di pakai itu untuk pembelanjahan samapai pada ongkos kerja jadi untuk satu Box Kafer ituRp. 10.000.000.

Kemudian pengolah kebunkacang hijo juga demikian  julah dana Rp. 22.000.500 dengan stdar ukuran surpe besar harga dan lahan yang tersedia di lapangan dalam realisasi kerja namun ukuran tim survei yang dirumuskan dan di putuskan dalam RKPK kampung gemebs.

Dana tersebut akan di pakai penyiapan 0% sampai pada 100% untuk laporanpertangun jawaban pun mudah serta dapat di proses untuk laporan pertangun jawaban bisa muda di kerjakan.

Misalkan persiapkan lahan pertanian pembukaan lahan sampai dengan penanaman serta perawatan tanaman kacan hijau petani dan juga obat-obat tan sehingga petani tdak mengalami gagal panen kacang hijau

Indutri rotan juga demikan jadi saya sebagai kepala kampung gemebs mengarapkan agar masyarakat dapat mengerti bagai mana penyerapan dana desa dengan program yang suda di programkan hagar bisa berkembag menjadi suatu lapangan kerja dan juga lapangan potensi masyakat dalam peningkatan suber daya manusia dalam bidan pemberdayaan masyarakat kusun nya pertanian dan usaha kecil .

ketua Bamuskam shakarias Yanuaring mejelaskan bahwa dirinya akan selaluh mengotrol program kerja dan kepala kampung untuk bagai mana mangwasi program-program kerja 20% dana desa tahap I dalam program yang suda di posting memakai aplikasi SESKUDES VS.02

Thomas Griapon selaku pendamping lokal desa menjelaskan bahwa dengan berdasarkan program ungulan yang di programkam dapat dicaikan 20% dana desa saya atas melihat meliah program yang harus di kerjakan.

Melaluai RKPK dan pertimbangan dewa pengawas Bamuskam dalam putusan peraturan kampung dan di tuangkan dalam APBK untuk diangarkan sampai dengan suda terlayurnya dana desa.

Maka waktu kerja pung cepat  sehingga dana desa tahap Iidapat di cairkan dan program lain nya bisa di kerjakan lagi di program percepatan pembangunan kampung.

polsek nimboran dalam hal ini kapolsek menjelaskan akan mengawal dana desa karena perintah kapolre untuk bagai mana dalam penetapan Undang-Udang desa sehingga program pemerintah untuk masyarakat bisa melekat dan di rasakan.

Tokoh adat dalam penjelasan teknis yang diberikan oleh kepala kampung terkait pencairan dana desa tahap I saya atas nama pemerintah adat geyem yeku kampung gemebs yang mempunyai masyarakat dalam bidang suku tentu mengaprisiasi sekali sehingga bisa memjadi fungsi kontrol segaia ondoafi kepala suku kampung genyem yeku.

Koramil nimboran meminta agar masyakata dapat menjaga keamanan kampung dalam program pemerintah kampung sehingga program yang di bagun bisa di rasakan oleh masyarakat sendiri.

Namun masyarakat merepon dan ingin agar program yang di bagun itu pulah kita sama-sama mengawal pengunaan dana desa di kampung sehingga studi kelayalakan program pembagunan baik fisik itu dapat di perdayakan program masyarakat di kampung.(http://gemebs- nafatali griapon admin)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*