Distrik Nimboran Gelar Pelatihan Sikeudes

Dengan Pelatihan Pengimputan Data Keungan kampung yang di Ikut sertakan dari 13 kampung 1 kelurahan hasilnya semakin baik yang di bantu dengan PLD.PD Satgas Dana Dsa Dan Pemerintah kampung distrik serta DPMPK Kab Jayapura

Nimboran” pemerintah distrik nimboran bekerjasama dengan DPMPK, Satgas Dana Desa Pendamping Desa Pendamping Lokal Desa dilingkungan distrik nimboran.

Dalam hal ini distrik nimboran gelar pelatihan pengisian atau pengimpuntan data kedalam Sisten Keuangan Kampung (Kampung) dengan baik. dalam pelatihan seskudes DPMPK Kab. Jayapura mengatakan bahwa bagai bana kampung-kampung di distri nimboran bisa mengetahui cara mengisi pengunaan dana desa yang terdiri dari ADD, ADK, Pospek. yang terkendalah dengan adanya dana yang disebut dengan dana ( sisa pengunaan angaran (Silfa).

oprator-oprator yang mengekuti pelatihan-pelatihan yang di upayakan dan pemerintah kabupaten jayapura lewat DPMPK untuk mempercepat pelaporan pertangujawaban keuangan kampung sehingga kampung tersebut tidat dikenakan SILFA

pelatihan pengisian data kedalam sistem aplikasi Siskeudes guna memperlancar laporan pertangun jawaban pada pemerintah daerah kabupaten jayapura uncap sekertaris distrik nimboran  Ambu Marsuki.

Kegiatan tersebut dilakukan di balai serbaguna kelurahan tabri distrik nimboran kegiatan tersebut berlangsung selama dua

Kegiatan tersebut dilakukan pada hari senin dan selasa kegiatan berlansung selama dua hari yaitu 12-13/11/2018 jam 09:00/15:00 Wit guna melati tenaga oprator kampung untuk bagai mana dapat mengisi program kerja kampung kedalam aplikasi Siskeudes.

sekertaris distrik nimboran  Ambo marsuki” menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan oleh dpmpk dalam penata usahan pada oprator dari 13 kampung 1 kelurahan diantaranya kampung gemebs kampung singgri kampung singgriway kampung benyom kampung meyu kampung kuipons kampung pobaim kampung ombrop kampung yenggu lama kampung yenggu baru kampung imsar kampung adat keitimung dan kampung imsar kampung kuase dan kelurahan tabri.

Dengan sistim pengelolahan keuangan kampung maka dengan itu pemerintah distrik nimboran harap agarpara oprator arus betul-betul dengan tangun jawab yang diberikan pemerintan kampung untuk memgimput sistem keuangan yang maksimal laluh para oprator ini bertangun jawab untuk merekap semua program kegiatan dimasukan dalam dalam satu sistem yang dibernama sistem pengimputan yang bersistimatika,

distrik nimboran negri sayur Lilin mulai berkarir lagi mengolah data keuangan kampung yang bersumber dari ADK ADD Prospek untuk di input kedalam data aplikasi Seskudes

Maka dengan sendirinya ini memudakan untuk melihat berapa jumlah kegiatan dengan besar angaranya yang suda terkelolah baik itu ADK ADD dan PROSPEK.

Sekertaris distrik nimboran  Marsuki  Ambo, S. ST menjelaskan Pada Parakampung-Kampung di distrik nimboran harus memberikan motifasi dengan pengawasan langsung pada para oprator yang di tunjuk karena bagian dari itu juga dana-dana yang yang di peruntukan buat oprator dan ara aparat kampung RT/RW dapat di lihat dengan baik sehingga roda pemerintahan kampung di kabupaten jayapura provinsi papua ini bisa dapat berjalan dengan baik dan akurat.

Sekertaris distrik nimboran Marsuki  Ambo, S. ST minta Agar pemerintah kampung harus memperatikan oprator karena oprator ini yang sangat berperan penting kerna oprator ini tugasnya mengimput semua program-program kampung yang menyangkut dengan sistem keuangan kampung.

Harapan pemerinta distrik bahwa oprator kalau suda bisa berjalan baik maka LPJ kampung dari ADK  ADD PROSPEK itu sangat buda Bisa di pertangungjawabkan.

Dalam hal ini pemerintah sangat mengarapkan  bahwa ketika oprator bekerja mengelolah sistem keuangan  kampung dengan mengindari dari dana silfa  karena ini oprator tidak berperan aktif.

Oleh krena ini kita masuk 2019 kendalah-kendala itu harus di hilangkan nama dengan dana silpa di dana kampung di hilangkan dengan adnya oprator yang bekerja maksimal.

Tanda trimakasi dari dpmpk kab jayapura adalah sudah mempasilitasi kegiatan pelatian sisten pengelolahan keuangan kampung dengan memakai data sistkudes memberikan pelaatihan bimbingan teknis pada para oprator kompung terkait dengan sitem pengimputan data  dari tiga sumber dana.

Laurens Warisyu berkeyakinan bahwa dengan pelatihan yang dilakukan ini bertujuan  bagai mana bangun laporan pertangan jawaban Dana kampung yang berasl dari tiga sumber dan juga bertujuan melati oprator untuk bagai mana menkaji dan meng iplementasikan laparan-laporan yang terkait dengan dana keungan kampung seperti yang suda di jelaskan oleh sekertaris distrik nimboran.

Dengan tetapi kepalakam akan angarakan gaji oprator dengan aturan yang di buat dalam perkam kampung gemebs agar supaya banyak alit kepentingan tidak lagi mengangu proses pelaporan keungan kampung yang akan di input oleh aprator kami di kampung gemebs.

Tangapan oprator enos griapon SH yang di mintah kepala kampung gemebs dalam mengikuti pelatian bahwa dirinya akan selaluh mendukung program-program kampung yang terkait dengan pelaporan keuangan kampung yang bersumber dari tiga program ADK ADD PROSPEK.

Hal ini guna bagai mana menejemen yang belum tertata baik akirnya dengan pelatihan ini dapat tertatadengan baik ini juga membuat diri saya untuk terbotipasi dalam pertangunjawaban keuangan kampung.

Thomas griapon selaku Pendamping Lokal Desa yang suda bekerja dengan kepala kampung dari tahun 2014 sampai dengan hari ini dirinya sangat banga karena pemerintah lewat DPMPK kab jayapura membuka ruang gerbang bagi oprator-oprator yang sudah di tunjuk oleh pemerintah kampung mampu mengelolah data pelaporan keuangan kampung memakai aplikasi siskeudes.

Dengan peran oprator di pemerintah kampung itu membuat kampung lebih optimis lagi dalam bekerja dan mengawasi dana pemerintah yang turun ke kampung. (http://gemebs- griapon Thomas admin)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*