Swah Mening Menjadi Makanan Kas Orang Nombrong

     Gemebs”-Dalam pembuatan gedi bungkus yang biasa di sebut dengan swa mening rabu (25/12/2017). Kampung gemebs menghangap gedi bungkus (swa mening), dalah suatu makanan kas orang nombrong dan nyablang. Dalam proses pembuatanya pung sangat mudah hanya membutukan ketrampilan aja sehingga dapat membuat gedi bungkus (swa mening)

Proses Pembuatannya :                                                                                         Bahan Dasar

  1. Sagu
  2. Lilin
  3. Kelapa yang suda di parut
  4. Tali
  5. Alat
  6. Wajan atau panci
  7. Air
  8. Kompor                                                                                                                                                                                                                                                      Proses pembuatan                            Cara nya Atur daun gedi secara berselang-seling diatas tempat yang rata tidak bergelombang, Kebudian ambil sagu lalu tabur di atas daun gedi secukup nya. Kemudian tambakan kelapa secukupnya, Lalalu taru lilin yang sudah di kupas dibagian atas, Di atur secara merata, Kemudian gulung perlahan-lahan, Kemudian di ikat dengan tali yang di ambil dari kulit lilin.                                                    Proses memasal gedi bungkus (swamening).                                      Tuangkan air kedalam panci atau wajan yang secukupnya, Lalu masak air dengan air sampe mendidi dengan Suhu 100%, Masukan gedi bungkus (swamening) kedalam air yang sudah mendidi,  Agar gedi bungkus (swamening) itu masak secara merata sampai terlihat daun gedi agak bewarna kecoklatan, Setelah masak kemudian di  angkat  lalu di angin-angikan  agar supaya gedi bungkus tersebut di makan bisa terasa nikmatnya.                                              Bumbu                                                                                                                       Tomat 1 kg, Minyakgoren 1 mili liter,Bawang merah 5 buah, Bawang putih 2 , buah, Rica di sesuaikan dengan selera,  1 Sendok gram,  1/4  gram Fetzin
  1. Alat

Belanga kuawi (wajan)

“Dan proses selajutnya”:

setelah gedi bungkus sudah di angkat kemudian sediakan bahan penamba rasa seperti sambal yang terdiri dari Tomat, Bawang Merah, Bahwan Puti, Rica, Garam dan Fetzin. ini semua adalah racikan bubun-bumbu yang biasa disebut dengan sambal colo-colo sebagai penarik gaira napsu makan yang takbisa di hentikan.

Makanan Kas Masyarakat Grime ini  yang disebut  dengan (swamening), pada umumnya Masyarakat-masyarakat yang mediami lemba grime yang terdiri dari Distrik nimboran, namblong, nimbokrang, kemtuk dan kemtuk  gresi  mengatakan bahwa gedi bungkus ini sudah memjadi makanan Kas mengapa karena sudah warisan turun-temurun. Gedi bungkus ini selalu di buat untuk di makan oleh kelompok atau pun perorangan.

Sehingga masyarakat sering membuat makanan kas ini dalam acara-acara besar seperti Natal, atau acara-acara suku itu  biasanya makanan gedi bungkus (swa mening) ini di buat. mengapa harus di buat  karena gedi bunkus ini  mempunyai  rasa nikmat tersendiri dibandingkan dengan makan lain yang di hidangkan.

Hariyance  Hamong  salah satu masyarakat pecinta makanan gedi bungkus yang   hari-harinya makan gedi bukus (swa mening ) mengatakan  bahwa  gedi bungkus  mempunyai  banyak Gizi.  Jika kita makan makanan ini maka dengan mudah  tubuh kita bisa menahan lapar seharian. Dibandingkan dengan makanan lain  seperti Nasi, Riti, Papeda, dan lainnya yang di konsumsi.  Sehingga bilah mana kita dating ke lembah grime berarti kita harus makan gedi bunkus, dan buat masyarakat di seluru nusantara datan ke lembah grime baru tidak makan gedi bungkus berarti andah belum sampe biar di bilan sadah sampe. (gemebs Griapon thomas)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*