Pinang Sebagai Makanan Khas Persahabatan Masyarakat Kampung

Pohon pinang banyak tumbuh di papua salah satunya di kampung gemebs karena tanaman ini merupakan bagian dari  budaya masyarakat  untuk mempersatukan tali persaudarahan yang tidak kenal menjadi kenal hanya dengan makan pinang dan bergurau. Kususnya di kamung gemebs pinang adalah  salah satunya  yang terdapat sebagai tradisi.

 

Dalam mengunya pinang bersama dengan kapur dan siri yang mengsilkan warna merah di mulut. Memiliki nama lain yaitu Akwu.

Daun : Daun pinang termasuk daun majemuk dan tanaman berdaun lenkap dengan tangkai daun pendek dan bentuk setengah lingkaran yang sisia atas nya beralur dalam. Bentuk daun bangun pita ujung daun sejajar tepi daun rata.susnan tulang daun sejajar tapi rata. Warna daun ijau tua dengan permukaan licin mengkilat.

Batang : Batan pinang termasuk tanaman nahungan/ tanaman berbatang  keras bentuk batang nya bulat dengan permukaan berusuk. Arah tumbuh tegak lurus ketingian nya bisa mencapaim  25 M, diameternya 15 Cm, meski adapulah yang lebih besar. Tajuk pohon pinang tidak terlaluh rimbun, percabangan monopodial.

Buah  : Bentuk buah pinamg bulat telur terbalik memanjang  dengan panjang 2 s/d 3 cm. warna buah muda hijau dan buah tua berwarna kuning dan kemerah-merahan orange dengan diding buah yang berserabut. (admin/gemebs Griapon Naftali)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*